Wisata Tanjung Puting

0
953
wisata tanjung puting

Indonesia memang terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari pantai, gunung bahkan hutan. Tidak hanya di Jawa, beberapa tempat di luar Jawa pun memiliki pemandangan alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi baik pantai, gunung maupun hutan. Wisata Tanjung Puting merupakan salah satu wisata yang berada di pulau Kalimantan tepatnya di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Wisata ini merupakan wisata Taman Nasional yang digunakan untuk melindungi orang utan. Kawasan ini sudah ditetapkan sebagai suaka margasatwa oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937. Hingga saat ini Taman Nasional Wisata Tanjung Puting ini dikelola oleh Kementrian Kehutanan.

Berikut Paket Wisata Tanjung Puting : Borneo Tour

Explore Borneo

Taman Nasional Tanjung Putting

wisata tanjung puting

2 Hari 1 Malam

HARI 1 Pangkalanbun – Kumai – Camp Leakey

Setibanya di Bandara Pangkalan Bun, Anda akan dijemput oleh pemandu kami dan ditransfer ke Kumai. Kapal menyusuri sungai ke Camp Leakey. Ini adalah pusat penelitian tempat orangutan tua dilepasliarkan ke hutan hujan. Setelah itu, Anda dapat melakukan soft trekking di hutan hujan untuk melihat satwa liar lainnya. Kembali ke kapal untuk makan siang dan kemudian lihat orangutan diberi makan sekitar jam 2 siang.

Perahu ini adalah perahu kayu tradisional dari sungai sekitar 14 mx 2,5 m dengan atap yang membentuk dek atas tempat Anda dapat melihat hutan hujan saat meluncur. Kasur sederhana, bantal, makanan, air mineral botolan, kelambu, toilet dan shower sederhana tersedia di atas kapal. Bermalam di atas kapal. (L, D)

HARI 2 Pondok Tanggui – Pesalat – Tanjung Harapan – Pangkalanbun

Setelah sarapan, kapal menyusuri sungai ke Pondok Tangguy yang merupakan pusat rehabilitasi untuk orangutan eks-tawanan dan melihat waktu makan sekitar pukul 9 pagi. Lanjutkan ke Pesalat di mana Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan di hutan untuk mengamati satwa liar dan melihat proyek reboisasi. Anda juga dapat menanam pohon bayi di sana. Pada sore hari, kunjungi pusat rehabilitasi Tanjung Harapan untuk menyaksikan waktu makan lain sekitar jam 3 sore. Setelah itu, Anda dapat mengunjungi desa di dekat taman nasional. Kapal menyusuri sungai ke daerah Nipah palm di mana Anda dapat melihat kunang-kunang yang indah ketika cuaca baik. Kembali ke Kumai dan transfer ke Pangkalanbun untuk tujuan Anda berikutnya. Tur berakhir. (B, L, D)

paket wisata tanjung puting

3 Hari 2 Malam

HARI 1: Bandara – Kumai – Tanjung Puting

Setibanya di bandara Pangkalan Bun, kami akan menjemput Anda dan kemudian pergi ke Kumai dengan taksi (sekitar 30 menit), melewati beberapa desa. Setibanya di Kumai, naik perahu menyusuri sungai untuk menjelajahi hutan bakau, nipah, dan margasatwa di sepanjang sungai Sekonyer saat makan siang disiapkan di atas kapal. Menjelang sore, amati bekantan dan primata lainnya di sepanjang sungai. Perahu itu adalah perahu kayu tradisional dari sungai sekitar 14 mx 2,5 m dengan atap yang membentuk dek atas tempat Anda dapat melihat hutan hujan saat meluncur. Kasur sederhana, bantal, makanan, air mineral botolan, kelambu, toilet dan shower sederhana tersedia di atas kapal. Bermalam di atas kapal. (L, D)

HARI 2: Pondok Tanggui – Camp Leakey – Nipa Area

Setelah sarapan pagi, naik kapal ke Pondok Tanggui Camp untuk menyaksikan pemberian makan orangutan sekitar jam 9 pagi. Setibanya di Pondok Tanggui, kami berjalan ke area makan. Setelah memberi makan orangutan, kita bisa melakukan trekking singkat di hutan kemudian melanjutkan ke Camp Leakey yang memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam dengan perahu. Setelah makan siang, Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan trekking pendek lain atau melihat pusat informasi sebelum menyaksikan waktu makan orangutan sekitar pukul 14:00.

Setelah mengunjungi Camp Leakey, kami berlayar perlahan ke Nipa Palm Area di mana Anda dapat melihat kunang-kunang yang indah di malam hari saat cuaca cerah. Dalam perjalanan ke sana, kita masih bisa mengamati monyet, burung, dan hewan lainnya. Makan malam dan tidur di kapal. (B, L, D)

HARI 3: Kumai – Bandara Pangkalanbun

Setelah sarapan, kapal ke Kumai dan kemudian transfer dengan mobil ke bandara Pangkalan Bun untuk tujuan Anda berikutnya. Tur berakhir. (B)

tanjung puting

4 hari 3 Malam

Hari 1 Pangkalanbun – Kumai – Tanjung Puting

Setibanya di Bandara Pangkalan Bun, Anda akan dijemput oleh pemandu kami dan ditransfer ke Kumai. Perahu menyusuri sungai untuk menjelajahi hutan bakau, nipah, dan satwa liar yang luar biasa di sepanjang sungai Sekonyer saat makan siang disiapkan di atas kapal. Menjelang sore, amati bekantan dan primata lainnya di sepanjang sungai. Perahu ini adalah perahu kayu tradisional dari sungai sekitar 14 mx 2,5 m dengan atap yang membentuk dek atas tempat Anda dapat melihat hutan hujan saat meluncur. Kasur sederhana, bantal, makanan, air mineral botolan, kelambu, toilet dan shower sederhana tersedia di atas kapal. Bermalam di atas kapal. (L, D)

Hari 2 Camp Leakey

Setelah sarapan, perahu menyusuri sungai ke Camp Leakey. Ini adalah pusat penelitian tempat orangutan tua dilepasliarkan ke hutan hujan. Setelah itu, Anda dapat melakukan soft trekking di hutan hujan untuk melihat satwa liar lainnya. Kembali ke kapal untuk makan siang dan kemudian lihat orangutan diberi makan sekitar jam 2 siang. Bermalam di atas kapal. (B, L, D).

Hari 3 Pondok Tangguy – Pesalat – Tanjung Harapan

Setelah sarapan, kapal menyusuri sungai ke Pondok Tangguy yang merupakan pusat rehabilitasi untuk orangutan eks-tawanan dan melihat waktu makan sekitar pukul 9 pagi. Lanjutkan ke Pesalat di mana Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan di hutan untuk mengamati satwa liar dan melihat proyek reboisasi. Anda juga dapat menanam pohon bayi di sana. Pada sore hari, kunjungi pusat rehabilitasi Tanjung Harapan untuk menyaksikan waktu makan lain sekitar jam 3 sore. Setelah itu, Anda dapat mengunjungi desa di dekat taman nasional. Kapal menyusuri sungai ke daerah Nipah palm di mana Anda dapat melihat kunang-kunang yang indah ketika cuaca baik. Bermalam di atas kapal. (B, L, D)

Hari 4 Tanjung Puting – Bandara Pangkalan Bun

Setelah sarapan, perahu ke Kumai dan transfer dengan mobil ke bandara Pangkalan Bun untuk tujuan Anda berikutnya. (B)

wisata tanjung puting

5 Hari 4 Malam

Hari 1 Pangkalanbun – Kumai – Tanjung Harapan

Setibanya di Bandara Pangkalan Bun, Anda akan dijemput oleh pemandu kami dan ditransfer ke Kumai. Perahu menyusuri sungai untuk menjelajahi hutan bakau, nipah, dan satwa liar yang luar biasa di sepanjang sungai Sekonyer saat makan siang disiapkan di atas kapal. Jika kami tiba di Tanjung Harapan sebelum jam 3 sore, kami akan berkesempatan mengunjungi pusat informasi dan melihat waktu makan. Setelah itu, perlahan-lahan jelajahi sungai yang tenang di dekat klotok sambil mengamati monyet-monyet di sepanjang tepi sungai pada sore yang damai. Menjelang sore, amati bekantan dan primata lainnya di sepanjang sungai.

Perahu itu adalah perahu kayu tradisional dari sungai sekitar 14 mx 2,5 m dengan atap yang membentuk dek atas tempat Anda dapat melihat hutan hujan saat meluncur. Kasur sederhana, bantal, makanan, air mineral botolan, kelambu, toilet dan shower sederhana tersedia di atas kapal. Bermalam di atas kapal. (L, D)

Hari 2 Pondok Tanggui – Camp Leakey

Setelah sarapan pagi, perjalanan ke Pondok Tanggui yang merupakan pusat rehabilitasi untuk mantan orangutan dan melihat waktu makan sekitar pukul 9 pagi. Kita juga dapat melakukan trekking yang lembut untuk menjelajahi hutan hujan di sini. Makan siang di atas kapal sambil melanjutkan ke Camp Leakey, pusat penelitian di mana orangutan tua diperkenalkan kembali ke hutan hujan. Waktu makan sekitar jam 2 siang. Bermalam di atas kapal. (B, L, D)

Hari 3 Camp Leakey ke-2

Setelah sarapan, kita dapat mengambil waktu untuk melakukan perjalanan di hutan di sekitar Camp Leakey dan kemudian kembali ke kapal untuk makan siang. Setelah makan siang, pergi untuk melihat waktu makan untuk yang kedua kalinya. Kembali dan perahu perlahan untuk menjelajahi sungai hitam. Bermalam di atas kapal di sepanjang sungai hitam. (B, L, D)

Hari 4 Camp Leakey –Pesalat – Tanjung Harapan – Desa – Area Nipah

Setelah sarapan, kapal ke Kamp Pesalat di mana kita akan memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan di hutan untuk mengamati satwa liar dan melihat proyek reboisasi. Kami juga dapat menanam pohon bayi di sini (biaya tambahan, membayar pada saat kedatangan). Setelah itu, kembali ke kapal untuk makan siang dan kemudian pergi ke Tanjung Harapan untuk melihat waktu makan sekitar jam 3 sore dan mengunjungi desa setempat. Menjelang sore, perahu perlahan-lahan ke daerah nipah di mana Anda dapat melihat kunang-kunang yang indah ketika cuaca cerah. Bermalam di atas kapal. (B, L, D)

Hari 5 Kunang-kunang – Kumai – Pangkalan Bun

Setelah sarapan, perahu ke Kumai dan transfer ke Pangkalan Bun untuk tujuan Anda berikutnya. Tur berakhir. (B)

Nah bagi anda yang tertarik untuk mempelajari satwa, dalam hal ini orang utan, atau anda yang ingin melihat orang utan secara langsung, anda dapat mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting ini. Selain anda bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan, anda juga dapat menikmati kekayaan alam Indonesia. Sehingga diharapkan hal ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme anda terhadap negara. Sangat menarik bukan? Anda dapat berlibur dan belajar dengan mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting ini.

Beberapa hal perlu diperhatikan ketika anda ingin berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting. Nah bagi anda yang ingin tahu apa sih tips-dan trik untuk berlibur di Taman Nasional Tanjung Puting? Anda dapat membaca ulasan kami dibawah ini. Agar liburan anda nantinya bisa berjalan sesuai dengan harapan anda tanpa kendala apapun.

Tips dan trik berlibur di Wisata Tanjung Puting

  1. Waktu yang tepat untuk berlibur

Anda bisa saja memilih waktu liburan sesuai dengan waktu senggang dan budget anda. Namun terkadang beberapa hal juga perlu diperhatikan agar anda mendapatkan liburan yang menyenangkan. Nah bagi anda yang ingin melihat orang utan di Taman Nasional Tanjung Puting, tentu anda harus memeperhatikan kondisi cuaca tujuan anda berlibur. Jika anda berniat untuk mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting pada musim hujan, anda tentu harus siap dengan segala risikonya. Pasalnya wisata Tanjung Puting ini, dimana anda ingin melihat orang utang di tengah hutan, akan sangat sulit sekali ditempuh pada saat musim hujan. Anda mungkin akan merasa perjalanan menjadi tidak menyenangkan ketika hujan turun saat anda blusukan ke dalam hutan. Namun ada keuntungan lain jika anda pergi pada musim hujan. Pada musim hujan, hutan akan terlihat lebih hijau dan asri. Tumbuh-tumbuhan berbuah dengan lebat, sehingga anda akan dengan mudah bertemu atau melihat orang utan secara langsung. Tentu hal ini juga menjadi pertimbangan bagi anda yang mengunjungi Taman Nasional Wisata Tanjung Puting untuk melihat orang utan secara langsung.

Jika anda berniat untuk mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting pada saat musim kemarau, beberapa hal juga perlu anda pertimbangkan. Karena untuk menuju hutan dimana anda dapat melihat orang utan, anda harus menyeberangi sungai. Sedangkan pada saat musim kemarau, air sungai memiliki sedikit debit air. Hal ini akan mempersulit perjalanan anda, karena beberapa titik akan sulit di lalui. Selain itu, pada musim kemarau terdapat beberapa ancaman yang sering terjadi di hutan Indonesia, yaitu kebakaran hutan. Maka dari itu anda harus mempertimbangkan lagi kapan anda akan pergi mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting, apakah di musim panas atau musim hujan?

  1. Transportasi ke tempat tujuan

Dari pulau jawa, anda dapat menggunakan transportasi udara untuk menuju ke pangkalan Bun. Setidaknya ada 3 rute perjalanan dari jawa ke Pangkalan Bun, yaitu dari kota Jakarta, Semarang dan Surabaya. Setelah sampai di bandaram anda dapat menggunakan taksi yang tersedia untuk menuju ke Taman Nasional Tanjung Puting. Setelah sampai disana anda akan menggunakan perahu untuk menuju hutan dimana anda dapat melihat orang utan secara langsung. Sangat mudah bukan? Jadi tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan anda ke Tanjung Puting.

  1. Perlengkapan yang harus di bawa

Berlibur ke hutan tentu membutuhkan peralatan yang lengkap dan tepat. Namun bukan bearti anda harus membawa barang –barang dalam jumlah banyak. Karena hal ini justru akan membuat perjalananmu tidak nyaman. Untuk berlibur di Tanjung Puting, tentu anda sudah tahu jika anda akan masuk ke dalam hutan dan bermalam disana. Maka dari itu beberapa perlengkapan penting harus anda siapkan. Anda hanya perlu membawa beberapa potong baju saja. Pilihlan baju sesuai dengan cuaca pada saat itu. Selain itu pilihlah baju yang paling nyaman untuk anda pakai saat menelusuri hutan. Selain baju, alas kaki juga meruapakan hal yang penting untuk anda perhatikan. Sebaiknya anda membawa sandal gunung atau sepatu boot, terutama jika anda pergi pada saat musim hujan. Karena kondisi tanah yang basah dan licin akan membuat perjalanan anda semakin sulit. Selain itu anda perlu membawa perlngkapan pribadi seperti lotion anti nyamuk, jas hujan, obat-obatan dan perlengkapan lain yang dirasa perlu. Nah untuk membawa barang bawaan anda, sebaiknya anda menggunakan ransel dari pada koper. Karena ransel lebih fleksibel dan mudah dibawa, mengingat anda harus menyeberangi sungai dan blusukan di hutan.

  1. Berlibur sendiri atau bareng teman-teman

Bagi anda yang memiliki budget yang memadai, anda dapat pergi berlibur ke Taman Nasional Tanjung Puting seorang diri. Namun bagi anda yang belum memiliki budget yang memadai, sebaiknya anda pergi bersama teman-teman anda atau anda bisa mengikuti open trip untuk menghemat biaya. Karena budget yang dibutuhkan untuk berlibur ke Tanjung Puting sangatlah besar. Maka dari itu perjalanan dengan teman-teman bisa membantu mengurangi biaya yang anda butuhkan.

  1. Fasilitas saat berlibur

Nah mungkin sebagian dari anda masih bingung dimana anda akan makan, minum dan mandi pada saat berlibur ke Taman Nasional Wisata Tanjung Puting. Tapi anda jangan khawatir, karena kendaraan (klotok) yang anda sewa untuk menuju ke Taman Nasional Tanjung Puting sudah menyediakan fasilitas-fasilitan tersebut. Jadi anda tidak perlu cemas akan terlantar saat pergi berlibur kesana.

Nah demikian tips dan trik Borneo Tour untuk berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan. Jadi jika anda sudah yakin untuk mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting ini, anda dapat menyiapakan budget liburan mulai dari sekarang. Karena seperti yang kita tahu, biaya berlibur ke Tanjung Puting membutuhkan budget yang besar. Kemudian, anda juga harus memperhatikan apa saja yang harus di bawa saat berlibur ke Tanjung Puting. Hal ini dimaksutkan agar liburan anda bisa menjadi lebih menyenangkan.

Pasti anda sudah tidak sabar untuk pergi berlibur bukan? Maka dari itu segera rencanakan waktu berlibur anda dari sekarang. Jangan sampai anda menundanya!. Segera tentukan kapan anda akan berangkat dan segera booking tiketnya. Semoga liburan anda menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here